Rabu, 22 Mei 2013

Pengertian dan Klasifikasi Kelompok

sebelum kita membahas apa itu pengertian kelompok disini saya akan membahas dahulu apa itu Komunikasi kelompok ? Komunikasi Kelompok itu sendiri adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok "kecil" seperti rapat , petermuan , komperensi dan sebagainya (Anwar Arifin,1984).

sedangkan menurut Micheal Burgoon (dalam Wiryanto,2005) mendefinisikan bahwa komunikasi kelompok merupkan interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang sudah diketahui , seperti berbagi informasi , menjaga diri , pemecahan masalah , yang mana anggota anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota anggota yang lain lain secara tepat .kedua defini diatas mempunyai kesamaan , yakni adanya komunikasi tatap muka dan memiliki susunan rencana kerja tertentu untuk mencapai tujuan kelompok .

sedangkan kelompok itu sendiri adalah orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama , mengenal satu sama lainya  dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005) contoh kelompok : keluarga , kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah atau suatu komite yang tengah rapat untuk mengambil suatu keputusan .

Kelompok juga dapat diartikan sejumlah orang yang terlibat pada suatu pertemuan tatap muka dimana setiap anggota mendapatkan kesan yang jelas , sehingga seseorang baik disaat timbul pertanyaan maupun sesudahnya dapat memberikan tanggapan kepada yang lainya .

Klasifikasi Kelompok Dan Karakteristik Kelompok 

mungkin banyak klasifikasi yang telah dilahirkan oleh para ilmuwan sosiologi , namun disini saya akan menjelaskan 3 klasifikasi kelompok diantaranya adalah :
1. kelompok primer dan sekunder 
    Charles Horton Cooley pada tahun 1909 (dalam jalaludin Rakhmat,1994) mengatakan bahwa kelompok primer merupakan suatu kelompok yang anggota-anggotanya berhubungan akrab,personal dan menyentuh hati dalam asosiasi dan kerjasama , sedangkan kelompok sekunder merupakan kelompok yang anggota-anggotanya berhubungan tidak akrab, tidak personal dan tidak menyentuh hati kita .
Jalaludin Rakhmat membedakan kelompok ini berdasarkan karakteristik komunikasinya sebagai berikut :
=> Kualitas Komunikasi pada kelompok primer yang bersifat dalam dan meluas . dalam artinya menembus kepribadian kita yang paling tersembunyi , menyingkap unsur unsur backstage (perilaku yang kita tampak dalam suasana private saja) Meluas artinya sedikit sekali kendala yang dapat menentukan rentangan dan cara berkomunikasi . sedangkan kelompok sekunder bersifat dangkal dan terbatas 

=> Komunikasi pada kelompok primer bersifat personal ,sedangkan kelompok sekunder nonpersonal 

=> komunikasi kelompok primer lebih lebih menekankan aspek hubungan daripada aspek isi , sedangkan kelompok primer adalah sebaliknya

=> komunikasi kelompok primer cenderung ekspresif sedangkan kelompok sekunder instrumental

=> komunikasi kelompok primer cenderung informal sedangkan kelompok sekunder formal

2. Kelompok Keanggotaan dan Kelompok Rujukan
    Theodore Newcomb (1930) melahirkan istilah kelompok keanggotaan (Membership group) dan 
kelompok rujukan (Reference group) kelompok keanggotaan adalah kelompok yang anggota - angotanya secara administratif dan fisik menjadi anggota kelompok itu , sedangkan kelompok rujukan adalah kelompok yang digunakan sebagai alat ukur (standart) untuk menilai diri sendiri atau untuk membentuk sikap.
kelompok rujukan mempunyai tiga fungsi yaitu:
=> fungsi komparatif 
=> fungsi normatif
=> fungsi perspektif

3. Kelompok Deskriptif dan kelompok preskriptif
   John F. Cragan dan David W Wright (1980) membagi kelompok menjadi dua : deskriptif dan preskriptif . kategori deskriptif menunjukan klasifikasi kelompok dengan melihat proses pembentukanya secara alamiah . berdasarkan tujuan , ukuran , dan pola komunikasi , kelompok deskriptif dibedakan menjadi tiga kelompok 

=> Kelompok Tugas : bertujuan untuk memecahkan masalah misalkan transplantasi jantung atau merancang kampanye politik 
=> Kelompok pertemuan : kelompok orang yang menjadikan diri mereka sebagai acara pokok melalui diskusi , setiap anggota berusaha belajar lebih banyak tentang dirinya . contoh kelompok pertemuan adalah kelompok terapi dirumah sakit
=> Kelompok Penyandar  : mempunyai tugas utama menciptakan identitas sosial politik yang baru  



·                 
        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar