Minggu, 16 Juni 2013

Contoh Program Operasi String pada C++

Berikut adalah listing program operasi string yang menghasilkan output berupa huruf-huruf yang ditentukan oleh pengguna :


Logika Program :
-          #include <iostream.h> dan #include <conio.h> adalah library yang dimiliki C++ yang masing-masing memiliki fungsi tertentu pada program.
-          Int main ( ) { : merupakan sintaks untuk mengawali penulisan program.
-          Clrsrcr ( ) : sintaks yang berfungsi untuk membersihkan layar.
-          Pendeklarasian Variabel :
·         Char a [100] : variabel a bertipe data character dan merupakan sebuah array dengan range sebanyak 100.
·         Int b,c,d : variabel b, c, dan d yang memiliki tipe data integer.
-          Cout << “masukkan string : “; cin >> a : sintaks yang akan menampilkan literal masukkan string dan membuat sebuah inputan, dimana inputan yang diberikan oleh pengguna akan disimpan pada variabel a.
-          Cout << “masukkan nilai awal : “; cin >> b : sintaks yang akan menampilkan literal masukkan nilai awal, dimana nilai yang pengguna masukkan akan disimpan pada variabel b. Nilai pada variabel b adalah nilai awal yang akan dihitung oleh program untuk menentukkan huruf yang akan ditampilkan.
-          Cout << “masukkan nilai akhir : “; cin >> c : sintaks ini akan menampilkan literal masukkan nilai akhir, dan input yang diberikan oleh pengguna akan menjadi nilai untuk variabel c. Nilai akhir adalah nilai yang akan membuat program berhenti menghitung huruf ke berapa yang ada pada string untuk kemudian ditampilkan.
-          For (d = b; d < c ; d++) : sintaks perulangan yang akan menghitung string berdasarkan indeks array-nya. Nilai pada variabel d sama dengan nilai pada variabel b, dimana nilai variabel b adalah nilai yang diinputkan pada nilai awal .
Jika nilai d lebih kecil dari nilai c (nilai akhir) maka nilai d akan bertambah 1 hingga nilai d lebih besar dari nilai c. Kemudian nilai pada variabel d akan disesuaikan dengan indeks array pada variabel a atau variabel yang memuat string di dalamnya. Jadi jika nilai awal 4 dan nilai akhir 9, maka akan ‘ditampilkan huruf d’ yang berada di indeks ke-4 kemudian 4 akan bertambah 1 sehingga nilai pada variabel d = 5 kemudian karena 5 kurang dari 9 maka nilai 5 akan ditambah 1 lalu akan ‘ditampilkan huruf ke-6 pada indeks array yaitu huruf a’ kemudian 6 akan ditambah 1 menjadi 7 dan akan ditampilkan huruf ke-7 pada indeks array yaitu r, begitu seterusnya hingga nilai d lebih besar dari 9.
-          { Cout << a[d]} : blok sintaks yang merupakan bagian dari perulangan yang akan menampilkan string pada variabel a sesuai dengan indeks array yang telah ditentukan oleh nilai pada variabel d.
-          Getch ( ) : sintaks yang merupakan isi dari library <conio.h> yang berfungsi untuk menahan tampilan / output.
-          Return 0 : sintaks yang digunakan untuk mengembalikkan nilai karena pada awal pembuka program menggunakan sintaks int main ( ).
-          } : simbol yang merupakan tanda akhir dari listing program.

Berikut adalah Output dari listing program di atas :


Berikut adalah listing program berdasarkan operasi string strrev, strcat, dan strlen :


Logika Program :
-          #include <iostream.h>, #include <conio.h>, dan #include <string.h> adalah library-library yang terdapat pada C++ yang mempunyai fungsi tertentu, misalnya <string.h> library yang berisi perintah-perintah untuk operasi string.
-          Void main ( ) { : sintaks awal untuk memulai program.
-          Pendeklarasian Variabel
·         Char kata1 [50] : variabel kata1 yang memiliki tipe data character dan merupakan array terdiri dari 50 indeks.
·         Char kata2 [50] : variabel kata2 memiliki tipe data character juga merupakan array yang berisi 50 indeks.
-          Clrscr ( ) : sintaks yang digunakan untuk membersihkan layar.
-          Cout << “ Operasi String Pada C++ “; : sintaks yang akan menampilkan literal Operasi String pada C++.
-          Cout << “\n \n “ : sintaks yang digunakan untuk memberikan jarak 1 baris pada output.
-          Cout << “masukkan kata pertama : “ cin >> kata1 : sintaks yang akan menampilkan literal masukkan kata pertama dan hasil inputan akan dimasukkan ke dalam variabel kata1.
-          Cout << “masukkan kata kedua : “ cin >> kata2 : sintaks yang akan menampilkan literal masukkan kata kedua dan hasil inputan akan dimasukkan ke dalam variabel kata2.
-          Cout << “===========” : sintaks yang akan menampilkan simbol ===== .
-          Cout << “jumlah huruf dalam kata : “ << strlen (kata1) << endl; : sintaks yang akan menampilkan literal jumlah huruf dalam kata, kemudian jumlah inputan pada variabel kata1 yang berupa string akan dihitung dengan perintah strlen, endl adalah perintah untuk memberikan jarak 1 baris dengan output selanjutnya.
-          Cout << “hasil kata gabungan: “ << strcat (kata1, kata2) << endl; : sintaks yang akan menampilkan literal hasil yang di copy, kemudian menggabungkan string yang ada di dalam variabel kata1 dan kata2 dengan perintah strcat, lalu endl akan memberi jarak 1 baris pada output.
-          Cout << “hasil kata yang di balik : “ << strrev (kata1); : sintaks yang akan menampilkan literal hasil kata yang di balik, kemudian string yang terdapat pada variabel kata1 akan dibalik penulisannya dengan perintah strrev.
-          Getch ( ) : sintaks yang akan menahan tampilan program dan merupakan fungsi yang terdapat pada library <conio.h>
-          } : simbol sebagai tanda akhir dari penulisan listing program.
Berikut adalah hasil output dari listing program di atas :


1 komentar: