Minggu, 09 Juni 2013

Masalah pokok ekonomi dan pengaruh mekanisme harga


Masalah ekonomi sering timbul karena adanya ketidakseimbangan antara keinginan pemenuhan kebutuhan dengan kemampuan factor-faktor produksi yang bias memenuhi keinginan tersebut . hal ini menyebabkan perlunya pembuatan pilihan pilihan sehingga agar kesejahteraan . dalam menggunakan factor-faktor produksi yang tersedia dapat terpenuhi kegiatan , ekonomi melliputi berbagai jenis kegiatan produksi , konsumsi dan perdagangan


Perdagangan
Pokok masalah ekonomi terdiri atas 3 yaitu:
1 . produksi : yaitu masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda
2. Distribusi : yaitu kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen
3. Konsumsi : yaitu kegiatan menghabisan atau mengurangi kegunaan suatu benda
Ada persoalan pokok dalam perekonomian
1.      apakah barang dan jasa yang harus diproduksi?
Pemilihan barang dan jasa yang akan diproduksi pada suatu kurun waktu tertentu akan mempengaruhi penggunaan factor factor produksi yang sebanding. Semakin banyak suatu barang akan dihasilakan , semakin banyak pula factor produksi yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut.
2.       Bagaimanakah caranya memproduksi barang dan jasa?

Untuk dapat menghasilkan suatu barang dan jasa dapat digunakan beberapa cara/prosedur/metode. Pemilihan suatu metode harus didasarkan pada prinsip efisiensi yang merupakan factor dari masalah dasar kegiatan tersebut dari segi tekniknya dan besarnya jumlah permintaan .apabila permintaan tinggi maka penggunaan teknik yang modern akan menaikan efisiensi begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar