ð Mengadakan
pengkajian : tidak dapat dipungkiri bahwa setiap organisasi apapun tidak dapat
menghindarkan diri dari pengaruh daripada perubahan yang terjadi di luar
organisasi itu mencakup berbagai bidang antara lain: politik, ekonomi,
teknologi, hokum, social budaya dan sebagainya
ð Mengadakan
identifikasi : yang perlu di identifikasi adalah dampak perubahan perubahan
yang terjadi dalam organisasi . setiap factor yang menyebabkan terjadinya
perubahan organisasi harus diteliti secara cermat sehingga jelas
permasalahannya dan dapat dipecahkan dengan tepat
ð Menetapkan
perubahan : sebelum langkah langkah perubahan diambil , pimpinan organisasi
harus yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan, baik dalam
rangka meningkatkan kemampuan organisasi maupun dalam rangka mempertahankan
eksistensi serta pengembangan dan pertumbuhan organisasi selanjutnya
ð Menentukan
strategi : apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar-benar harus
dilakukan maka pemimpin orgganisasi harus segera menyusun strategi untuk
mewujudkannya
ð Melakukan
evaluasi : untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif
atau negative , perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai
dengan harapan berarti berpengaruh positif terhadap organisasi dan apabila
sebaliknya berarti negative
ð Mengadakan
perubahan struktur organisasi
ð Mengubah
sikap dan perilaku pegawai
ð Mengubah
tata aliran kerja
ð Mengubah
peralatan kerja
ð Mengubah
prosedur kerja
ð Mengadakan
perubahan dalam hubungan kerja antar personal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar