Minggu, 16 Juni 2013

Pengertian Budaya Organisasi dan Fungsi Budaya organisasi


ð  Dalam kehidupan masyarakat sehari hari tidak terlepas dari ikatan budaya yang diciptakan , ikatan budaya tercipta oleh masyarakat yang bersangkutan , baik dalam keluarga , organisasi, bisnis maupun bangsa, budaya membedakan masyarakat satu dengan yang lainya dalam cara berinteraksi dan bertindak menyelesaikan suatu pekerjaan

Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian budaya organisasi menurut beberapa ahli :
ð  Menurut wood , Wallace,zeffane,schermerhorn , hunt , Osborn (2001:391) budaya organisasi adalah system yang dipercayai dan nilai yang dikembangkan oleh organisasi dimana hal itu menuntun perilaku dari anggota organisasi itu sendiri
ð  Menurut Tosi, Rizzo,Carroll seperti yang dikutip oleh munandar (2001:263) budaya organisasi adalah cara cara berpikir , berperasaan dan berinteraksi berdasarkan pola-pola tertentu yang ada dalam organisasi atau yang ada pada bagian bagian organisasi
Fungsi fungsi budaya organisasi
ð  Budaya menciptakan perbedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain
ð  Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi
ð  Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan diri individual seseorang

ð  Budaya merupakan perekat social yang membantu mempersatukan organisasi itu dengan memberikan standar standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar