Minggu, 09 Juni 2013

Definisi dan metologi ekonomi


Definisi ilmu ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi , distribusi , pertukaran dan konsumsi barang dan jasa . secara garis besar ekonomi dapat diartikan sebagai “Aturan rumah tangga” atau “Manajemen Rumah Tangga”

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran . inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas , permasalahan itu  kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaaan.

Teori Ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter , misalnya penelitian perilaku criminal , penelitian ilmiah , kematian , politik , kesehatan , pendidikan, keluarga dan lainya . hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia.
Banyak teori yang dipelajari dalam ilmu ekonomi diantaranya adalah teori pasar bebas, teori lingkaran ekonomi,invisible hand,informatics economy,daya tahan ekonomi,merkantilisme , Briton woods dsb.

Metodologi Ekonomi
Sering disebut sebagai The queen of social sciences , ilmu ekonomi telah mengembangkan serangkaian metode kuantitatif untuk menganalisis fenomena ekonomi. Ian Tinbergen pada masa setelah perang dunia II merupakan salah satu pelopor utama Ilmu ekonometri yang mengkombinasikan matematika , statistic dan teori ekonomi kubu lain dari metode kuantitatif dari ilmu ekonomi adalah model general equilibrium (keseimbangan umum) yang menggunakan konsep aliran uang dalam masyarakat dari suatu agen ekonomi kea gen yang lain . dua metode kuantitatif ini kemudia berkembang pesat hingga hamper semua masalah ekonomi sekarang menggunakan salah satu dari keduanya dalam analisisnya . dilain pihak metode kualitatif juga sama berkembangnya terutama didorong oleh keterbatasan metode kuantitatif dalam menjelaskan perilaku agen yang berubah ubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar