Minggu, 09 Juni 2013

PEMBUATAN HISTOGRAF, PLOT, DAN POLYGON DENGAN R-PROGRAMMING


Program ini adalah program yang menganalisa tentang komputer statistik,yang berbasisR-GUI, program ini memiliki tipe data antara lain logika,function,numeric,karakter.                                                                                                                                            berikut langkah-langkah membuat program sederhana menggunakan R-GUI tersebut
ü  Langkah pertama ketika kita masuk dalam program tersebut terdapat tulisan berupa pengantar dalam program tersebut,dan kita ingin menghapus pada tulisan tersebut dengan cara klik edit > clear console, maka tulisan pun akan terhapus
ü  Langkah pertama kita masukkan data angka yang diinginkan seperti gambar di bawah ini,setelah sudah dapat hasilnya tidak berurut dan untuk mengurutinya kita tulis sort (variabel yang kita tulis) lalu enter.
ü  Setelah itu kita buat tabel kelas lalu isi batas batas kelasnya. Setelah frekuensi kita buat rumusnya kita membuat table menggunakan data editor,dan kita isi tabelnya. Untuk variabel pertama kita isi dengan kelas 
      dan tipe datanya kita pilih karakter lalu pilih close. Setelah sudah di tulis di table kelas langsung di close lagi.
















Cara membuat Frekuensi dengan menggunakan Function menggunakan variabel x, y, dan z artinya  fungsi tersebut diberi nama atau menggunakan nama “frekuensi”.
ü  lalu terdapat ketentuan atau rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menentukkan frekuensi di setiap kelas melalui data  yang telah kita masukkan sebelumnya.
ü  Lalu, tulis perintah > frekuensi (data,98.99) itu adalah perintah yang akan menampilkan hasil dari fungsi yang telah kita jalankan. Contoh misalkan Perintah (data,98,99) berarti data yang diambil dari variabel “data” tersebut dari angka 98-99 adalah kelas yang sebelumnya kita buat , yang artinya kelas dari 98 sampai 99 itu mempunyai frekuensi sebanyak 2 

Setelah itu kita  memasukkan jumlah frekuensi yang telah kita hitung  ke dalam tabel, menggunakan perintah > tabel$frekuensi<-fr . fr adalah variabel yang memuat nilai frekuensi dari masing-masing kelas. 


ü  menentukan median. Median secara rumus adalah menjumlahkan nilai yang terdapat pada batas kelas kemudian dibagi 2, misalkan di kelas kedua terdapat nilai 98 sampai 99 , berarti 98 + 99 / 2.
ü  Kalau kita ingin mengetahui median dari data diatas kita langsung tulis saja rumusnya > median (98:99). Lalu hasil dari median dijadikan variabel fr yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam tabel dengan perintah tabel$median<-fr.
ü  membuat histograf dengan perintah hist(data,main=”Tabel Nilai MHS”) artinya data akan dibuat melalui data yang ada melaui variabel “data” dan nama histograf Tabel Nilai MHS.

maka inilah outputnya :


ü  membuat Plot kita harus menentukkan dahulu titik tengah dari setiap Kelas yang ada pada tabel , dengan cara menggunakan median yang sebelumnya telah kita cari tadi . lalu Buatlah suatu variabel baru yang berisi nilai median dari tiap kelas yang ada secara terurut, Kemudian ketikkan perintah > plot(titiktengah,fi,main=”Tabel Nilai MHS”) yang berarti plot tersebut memiliki judul Tabel Nilai MHS.

membuat polygon, disini kita bisa menentukkan warna sesuai keinginan kita yang akan mengarsir daerah hasil yang memuat data penentuan titik tengah pada data yang ada pada gambar diatas , > polygon(titiktengah,fi,col = ”grey”,border = “black”) yang berarti menghasilkan warna pada kolom menjadi abu-abu dan warna garisnya adalah hitam.
Kalau kita ingin merubah warna nya bisa tinggal di rubah saja rumusnya jadi > polygon(titiktengah,fi,col =”red”,border = “black” ) nanti warnanya pun akan berubah seperti keinginan kita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar